Logo sebagai Jati Diri sebuah Brand

Tuesday, May 12th 2015. | INDONESIA, Tips Usaha

Logo merupakan hal yang sangat penting bagi bisnis atau perusahaan Anda. Logo dapat mencerminkan identitas perusahaan. Meskipun ada logo yang menurut pandangan kita sama sekali tidak mencerminkan identitas perusahaan – namun seringkali ada filosofi yang terkandung di dalamnya.
Pentingnya Logo untuk Branding
Pikirkan tentang logo Apple, apel!
Sulit menangkap makna di balik logo itu – bila dihubungkan dengan dunia teknologi. Jika 15 tahun lalu seseorang memperlihatkan logo itu kepada saya, mungkin saya berpikir “ini perusahaan perkebunan apel, atau importir apel”. Tetapi siapa sangka perusahaan hebat di Silicon Valley, besutan mendiang Steve Jobs ini menggunakan logo apel bekas gigitan seseorang! :)

Apa itu Logo?

Logo merupakan merek grafis atau lambang yang biasa digunakan oleh perusahaan komersial, organisasi dan bahkan individu untuk membantu dan mempromosikan diri agar dikenal oleh masyarakat umum. Logo dapat berbentuk grafis (simbol / ikon) atau terdiri dari nama organisasi. [Wikipedia]

Kegunaan Logo

Lalu, mengapa logo penting bagi bisnis atau perusahaan? Atau dengan pertanyaan yang hampir sama, apa fungsi logo bagi perusahaan Anda?

Berdasarkan beberapa referensi, saya menemukan beberapa alasan berikut:

1. Logo merupakan representasi visual

Manusia memiliki identitas, dan salah satu cara termudah untuk membedakan saya dengan Anda adalah wajah. Demikian juga dengan perusahaan atau bisnis, logo menjadi salah satu tanda pengenal yang efektif sehingga mudah diidentifikasi  dan diingat oleh orang banyak.

Dalam hal mudah diingat, orang cenderung mengingat logo daripada nama perusahaan atau produknya. Hal ini juga memberikan manfaat tambahan, sebagai merek perusahaan logo dapat membantu meningkatkan penjualan item produk atau portofolio baru perusahaan karena pelanggan dapat mengasosiasikan kualitas produk yang telah dikenal masyarakat luas dengan kualitas produk baru menggunakan logo yang sama.

2. Logo membuat Bisnis atau Produk Anda Unik

Dalam lingkungan bisnis yang begitu luas, tidak ada hal yang dapat membantu sebuah perusahaan atau produk terlihat lebih menonjol dibanding produknya selain dengan logo. Sebuah logo dapat menyampaikan lebih banyak dalam membedakan produk dari para pesaing, dan tentu saja menarik pelanggan dari pandangan pertama.

Ingat dengan kecap? Semua kecap No.1 bukan? Ketika berbelanja, Anda dengan mudah memilih kecap kesukaan Anda. Mungkin itu bergambar Bangau, atau mungkin bertulis XYZ? Jelaslah, logo membuat produk dan bisnis menjadi unik.

Logo dapat berevolusi

Baru-baru ini Yahoo mengumumkan perubahan logo setelah 18 tahun menggunakan logo yang lama. Perubahan ini dilakukan setelah Marissa Mayer, mantan pejabat penting Google yang telah menduduki kursi CEO tahun lalu. Ia mengatakan bahwa selama 30 hari Yahoo melakukan kampanye terkait dengan sosialisasi perubahan logo perusahaan. Rencananya, Yahoo secara resmi akan menggunakan logo barunya pada 4 September mendatang.

Logo adalah bagian penting dari pengakuan merek Anda. Melalui kegiatan pemasaran lainnya untuk memperkuat seperti iklan, konsumen mulai mengasosiasikan logo dengan perusahaan. Pengenalan masyarakat terhadap logo bukanlah pekerjaan mudah, itu sebabnya logo memiliki makna dan karakteristik tersendiri, dan bisa saja mengalami perubahan. Suatu logo bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun agar familiar bagi orang banyak.

Nah, bagi Anda yang baru memulai bisnis dan belum menggunakan logo, bukankah penting bagi Anda untuk memiliki logo sendiri?

Incoming search terms:

  • contoh logo
  • foto lambang logistik
  • logo perusahaan kecap
tags: ,

Related For Logo sebagai Jati Diri sebuah Brand